Biografi Nirvana dan Beberapa Faktanya

Nirvana mengubah lanskap musik rock selama beberapa tahun saja, tetapi pada awalnya, mereka hanyalah satu lagi kelompok yang kesulitan menentukan barisan dan nama. Pada tahun 1985, gitaris / penyanyi Kurt Cobain bertemu dengan bassis Krist Novoselic di Aberdeen, Washington, langsung terikat pada cinta bersama mereka dari band punk-metal Melvins. Duo ini mendatangkan beberapa penabuh genderang yang berbeda selama beberapa tahun ke depan, akhirnya memilih Chad Channing. Sementara itu, grup tersebut mengacak-acak nama band yang berbeda (termasuk Stiff Woodies, Pen Cap Chew, dan Skid Row) sebelum memilih Nirvana.

Album Pertama yang Menjanjikan

Sumber Gambar: bandnirvana.co.id

Setelah merekam serangkaian demo pada tahun 1988, Nirvana membuat kesepakatan dengan label Seattle, Sub Pop. Setahun kemudian, grup ini merilis rekaman pertama mereka, Bleach. Meskipun hanya terjual sekitar 35.000 kopi, Bleach membuat kegemaran Cobain karena lagu-lagu yang memikat dan marah tentang orang luar masyarakat. Bersandar berat pada hard rock dan metal, Bleach tidak memakai kait pop yang sama dengan yang akan ditampilkan album Nirvana, meskipun “About a Girl” menunjukkan bakat awalnya untuk lagu-lagu pop yang menarik seperti The Beatles.

Dekade Baru dan Drummer Baru

Sumber Gambar: nirvanaband.co.uk

Ketika band memasuki tahun 90-an, penulisan lagu Cobain akan terus berkembang. Peningkatan penting lainnya terjadi sekitar waktu yang sama: Channing meninggalkan grup dan digantikan oleh Dave Grohl, mantan drummer band punk Scream. Bleach telah memenangkan kekaguman dari kelompok-kelompok yang dihormati seperti Sonic Youth, dan demo dari sesi-sesi berikutnya mulai menarik perhatian label-label besar. Menandatangani kontrak dengan DGC dan dengan Growl sekarang, Nirvana merekam tindak lanjut mereka, sebuah album bernama Nevermind. Itu akan menjadi pemikiran terjauh dari benak setiap anggota band pada saat itu, tetapi superstar ada di cakrawala.

Menerobos ke Mainstream

Sumber Gambar: nirvanaband.co.uk

Dirilis pada September 1991, Nevermind bukan blockbuster langsung, tetapi pada kekuatan single pertamanya, “Smells Like Teen Spirit,” album mencapai puncak tangga lagu pada Januari 1992. Pada saat ketika pop dan hair metal sangat populer, Nevermind mengisyaratkan perubahan budaya ke arah musik yang lebih mendesak dan intens yang dipicu oleh lirik introspektif, terkadang pedas. Album ini menghasilkan empat single dan melambungkan band dari kota kecil Washington ke status superstar.

Kecanduan Narkoba

Sumber Gambar: nirvanaband.com

Meskipun Cobain sekarang menikmati pengakuan universal dan penjualan luar biasa, dia tidak bisa sepenuhnya menikmati momennya di bawah sinar matahari, karena dia berada di tengah kecanduan heroin mengerikan yang telah berkembang dari sebelum Nevermind. Pertanyaan tentang kesehatannya beredar ketika Nirvana kembali ke studio pada tahun 1993 untuk merekam album berikutnya. In Utero yang sengaja disengaja terbukti kurang ramah terhadap pendengar, tetapi komitmen Cobain untuk lagu-lagu yang sarat kait melampaui agresivitas permukaan album. Di Utero mungkin telah menakuti penggemar kausal yang hanya ingin Nevermind II, tetapi itu adalah kesuksesan kritis instan dan penjual yang kuat.

Akan Akustik

Sumber Gambar: nirvanaband.com

Menjelang akhir tahun 1993, Nirvana memfilmkan sebuah angsuran dari seri Unplugged yang populer di MTV yang menampilkan band-band yang menampilkan versi akustik dari lagu-lagu mereka. Menjauh dari materi mereka yang paling terkenal, Cobain fokus pada potongan album dan sampul lagu dari para pahlawan musiknya, seperti David Bowie dan artis blues Leadbelly. Program tersebut, yang kemudian dirilis sebagai album yang berdiri sendiri, menekankan pandangan gelap Cobain tentang kehidupan melalui versi lagu-lagunya yang kuat dan funereal. Disengaja atau tidak, spesial MTV segera terbukti bersifat kenabian ketika kehidupan Cobain berubah menjadi tragis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *