Kecepatan Berenang Ikan Hiu yang Harus Anda Ketahui

Seberapa cepat hiu bisa berenang? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak Anda ketika Anda dengan tenang menonton video hiu atau lebih mendesak saat Anda berenang atau menyelam scuba dan berpikir Anda mungkin melihat sirip mengitari Anda. Jika Anda memancing, Anda mungkin bertanya-tanya apakah hiu akan dapat melampaui perahu Anda.

Hiu dibangun untuk semburan kecepatan saat mereka menyerang mangsanya, seperti singa dan harimau di darat. Mereka harus bisa berenang cukup cepat untuk mengejar mangsa mereka untuk jarak pendek, kemudian melakukan lunge untuk membunuh. Kecepatan hiu juga tergantung pada spesiesnya. Spesies yang lebih kecil dan ramping memiliki kecepatan lebih tinggi daripada hiu yang lebih besar dan lebih besar.

Kecepatan Renang Hiu Biasa

Sumber Gambar: dunia.ikan.com

Secara umum, hiu dapat berlayar sekitar 5 mph (8 kph) —sama kecepatan yang sama dengan perenang Olimpiade tercepat. Jika Anda hanya perenang yang baik, mereka mengalahkan Anda. Namun seringkali mereka berenang di sekitar dengan kecepatan lebih lambat sekitar 1,5 mph (2,4 kph).

Tapi ikan ini adalah predator. Hiu bisa berenang lebih cepat pada semburan pendek ketika mereka menyerang mangsa. Pada saat ini, mereka dapat mencapai sekitar 12 mph (20 kph), kecepatan manusia yang berlari di darat. Seseorang di air yang berhadapan dengan hiu dalam mode serangan serius memiliki sedikit kesempatan berenang cukup cepat untuk melarikan diri.

Meskipun serangan hiu terhadap manusia mendapat publisitas yang besar, kenyataannya kita bukan makanan yang disukai hiu. Sebagian besar serangan terjadi ketika seorang perenang terlihat atau berbau seperti spesies mangsa yang umum. Perenang dalam pakaian selam hitam di air di mana anjing laut ditemukan mungkin berisiko, seperti penyelam ikan tombak yang membawa ikan tombak. Relatif jarang hiu menyerang manusia yang berenang, dan bahkan dalam kasus bangkai kapal besar, analisis kemudian biasanya menunjukkan bahwa ketika hiu memakan manusia, biasanya setelah mereka mati.

Hiu Tercepat: The Shortfin Mako

Sumber Gambar: hiu.predator.com

Dalam perlombaan di antara berbagai jenis hiu, hiu shortfin mako (Isurus oxyrinchus) akan menjadi pemenang. Ini adalah cheetah dari pemangsa lautan. Hiu yang kuat dan ramping ini dilaporkan memiliki kecepatan hingga 31 mph (50 kph), meskipun beberapa sumber mengatakan ia dapat mencapai kecepatan hingga 60 mph (96,5 kph). Ini adalah hiu yang dikenal untuk mengejar dan menangkap ikan yang bahkan lebih cepat, seperti ikan layar dan ikan pedang, yang dapat mencapai kecepatan lebih dari 60 mph saat melompat. Mako juga dapat melakukan lompatan raksasa hingga 20 kaki (6 m) dari air.

Para peneliti di Selandia Baru menemukan bahwa mako muda dapat berakselerasi dari titik mati hingga 100 kaki (30,5 m) hanya dalam dua detik, yang menempatkan kecepatannya lebih dari 60 mph di atas lunge singkat itu. Untungnya, mako jarang ditemui oleh perenang dan penyelam, karena biasanya hidup jauh di lepas pantai. Ketika bertemu manusia, jarang menyerang.

Beberapa spesies ikan pemangsa seperti maki sirip pendek dan hiu putih besar mampu melestarikan panas metabolisme mereka dengan cara yang unik untuk makhluk berdarah dingin. Pada dasarnya, ini berarti bahwa mereka tidak sepenuhnya berdarah dingin dan karenanya, dapat menghasilkan energi yang diperlukan untuk semburan dengan kecepatan tinggi.

Kecepatan Renang Spesies

Sumber Gambar: hiu.ikan.co.id

Berikut adalah beberapa kecepatan dari beberapa spesies hiu umum:

Hiu putih besar (Carcharodon carcharias) diperkirakan memiliki kecepatan renang tertinggi 25 mph (40 kpj), mungkin dengan semburan pendek 35 mph (56 kpj). Kecepatan berenang mereka 10 kali lebih cepat dari perenang manusia biasa.
Hiu harimau (Galecerdo cuvier) mencapai kecepatan sekitar 20 mph (32 kph).
Hiu biru (Prionace glauca) memiliki kecepatan 24,5 mph (39,4 kph).
Hiu paus (Rhincodon typus), yang terbesar dari hiu, adalah raksasa yang cukup lembut yang berlayar sekitar 3 mph (4,8 kpj) dan mampu ledakan pendek sekitar 6 mph (9,7 kpj). Jika Anda menemukan salah satunya di dalam air, yang terbaik adalah menikmati pengalaman langka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *